Journal of Character and Elementary Education
Vol 2 No 2 (2023)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 5 SUBTEMA I PEMBELAJARAN I MELALUI PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SDK OELOLOK KABUPATEN TTU

Sekar Larasati (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tentang tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1 dengan model Numbered Head Together di kelas IV SDK Oelolok kabupaten TTU. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas, yang merupakan suatu penelitian yang dilakukan dikelas dengan berbagai aturan dan langkah-langkah yang harus diikuti, dengan tahapan sebagai berikut : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan tes, serta Refleksi. Penelitian ini berlokasi di SDK Oelolok Kabupaten TTU kelas IV. Subyek penelitian ini adalah siswa- siswa kelas IV berjumlah 15 orang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I nilai rata-rata kelas 57,89 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,26. Kemudian obsevasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh keberhasilan kelas 62,27 dan pada siklus II memperoleh 85,60. Sedangkan presentase ketuntasan belajar pada siklus I 40 % pada siklus II presentase sebanyak 100 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dalam pembelajaran tentang tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV SDK Oelolok

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jocee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup JOCEE adalah penelitian dan aplikasinya di bidang Pendidikan Karakter dan Pendidikan Dasar dengan jabaran sebagai berikut: Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pedagogi Pendidikan IPS di Sekolah Dasar Pendidikan IPA di Sekolah Dasar Pendidikan PKn di Sekolah Dasar Pendidikan Bahasa ...