Dewasa ini siswa mengalami masalah resiliensi akademik sehingga berdampak pada pembelajaran akademik kedepannya. Kondisi ini dapat disebabkan rendahnya  self-compassion. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan Self Compassion dan Resiliensi Akademik Siswa di SMPN 1 Panti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 405 orang siswa dengan sampel sebanyak 201 orang dengan teknik  random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Untuk menganalisis hubungan Self Compassion dan resiliensi Akademik Siswa menggunakan rumus pearson product moment.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Self Compassion siswa secara umum berada pada kategori sedang yaitu 51.2% Sedangkan Resiliensi Akademik rendah yaitu  41,8%. Terdapat hubungan yang positif signifikan antara self compassion dengan resiliensi akademik siswa di SMP Negeri 1 Panti dengan koefisien korelasi 0,144 dengan nilai signifikansi sebesar 0,041.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021