Cara dalam pengembangan video game saat ini sangat beragam salah satunya adalah dengan menggunakan naratif yang kuat. video game saat ini juga banyak mengandung isu-isu sensitif seperti isu kesehatan mental dalam naratifnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah video game bisa digunakan sebagai media edukasi untuk isu kesehatan mental secara spesifik dengan melakukan studi inisial. Penelitian tersebut berjalan selama 24 hari dengan cara mengekspos dengan menggunakan video game play dalam video game dan memberikan kuesioner mengenai video game tersebut kepada para responden dengan jumlah sebesar 25 responden yang sebelumya belum terekspos dengan video game. Cara pengujian pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan pandangan responden mengenai isu kesehatan mental sebelum dan sesudah terekspos video game dan mengkuantifikasi respon yang diterima dengan melakukan kodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsensus setuju dengan video game bisa digunakan sebagai media edukasi terhadap isu kesehatan mental. Disamping itu, ditemukan bahwa video game dapat berpengaruh secara jangka pendek namun tidak untuk jangka panjang sehingga diperlukannya penelitian lebih lanjut mengenaik hal tersebut.
Copyrights © 2021