Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MODEL EDUCATIONAL GAMES GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MELALUI ROLLING BOX (RO-BOX) BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN THE DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING MEDIA BASED ON EDUCATIONAL GAMES TO IMPROVE LEARNING INTEREST AND LEARNING RESULT THROUGH ROLLING BOX (RO-BOX) FOR TENTH GRADE STUDENT OF SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN

abdullah ihsaan (Unknown)
subroto subroto (Unknown)
sumarna sumarna (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2017

Abstract

Abdullah Ihsaan, Subroto, Sumarnaabdullahihsaan96@gmail.com, subroto@uny.ac.id, sumarna@uny.ac.idABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan suatu media pembelajaran fisika berbasis educational games berupa Rolling Box (Ro-Box) yang dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika untuk peserta didik kelas X SMA; 2) mengetahui peningkatan minat belajar fisika peserta didik kelas X SMA terkait dengan penggunaan Rolling Box (Ro-Box) sebagai media pembelajaran fisika, dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA terkait dengan penggunaan Rolling Box (Ro-Box) sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian ini terdiri atas 14 peserta didik kelas X MIPA 4 dan 28 peserta didik kelas X MIPA 2 di SMA N 1 Prambanan Klaten. Hasil penelitian ini adalah: 1) media pembelajaran berbasis educational games berupa Rolling Box (Ro-Box) dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika berada dalam kategori sangat baik; 2) peningkatan minat belajar peserta didik dengan persentase ketercapaian sebesar 3,7 % termasuk dalam kategori baik, dan 3) peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai standar gain sebesar 0,84 yang termasuk dalam kategori tinggi.Kata kunci: educational games, hasil belajar, minat belajar, dan Rolling Box (Ro-Box)ABSTRACTThis research is aimed to: 1) produce a physics learning media based on educational games in the form of Rolling Box (Ro-Box) that can be applied in physics learning for tenth grade student; 2) to find out the improvement of physics learning interest for tenth grade student related to use Rolling Box (Ro-Box) as a physics learning media, and 3) to find out the improvement of physics learning result of tenth grade student related to use Rolling Box (Ro-Box) as a physics learning media. This is a kind of research development using 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). The subjects of this research consist of 14 students of X MIPA 4 and 28 students of X MIPA 2 in SMA N 1 Prambanan Klaten. Result show that: 1) learning media based on educational games in the form of Rolling Box (Ro-Box) can be applied in physics learning included the very good category; 2) improvement of students learning interest with percentage of achievement 3.7% are included in good category, and 3) improvement of students learning result with standard gain 0.84 are included in high category.Key words: Educational games, learning result, learning interest, and Rolling Box (Ro-Box)

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...