Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMES ROULETTE FISIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN DEVELOPMENT OF PHYSICS LEARNING MEDIA ROULETTE GAMES TO INCREASE STUDENTS MOTIVATIONS AND STUDENTS LEARNING OUCOME OF SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN

winda raras sakti (Unknown)
subroto subroto (Unknown)
sumarna sumarna (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2017

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media ge-roul yang dapat digunakan untuk pembelajaran fisika pada peserta didik kelas X MIPA, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika pada peserta didik kelas X MIPA setelah diberikan media ge-roul, dan (3)mengetahui peningkatan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X MIPA setelah diberikan media ge-roul.Metode pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (RD) model 4-D. Adapun tahapannya adalah pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Subjek penelitian terdiri atas 8 siswa kelas X MIPA 1 dan 28 siswa X MIPA 5 di SMA N 1 Prambanan Klaten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) media ge-roul hasil pengembangan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika materi momentum dan impuls bagi peserta didik kelas X MIPA yang berdasarkan analisis data hasil penelitian mempunyai nilai simpangan baku ideal sebesar 3,6 dengan kategori sangat baikserta berdasarkan analisis QUEST media ge-roul mempunyai kriteria valid dan cukup reliabel, (2) media ge-roul dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X MIPA dengan kategori sedang dengan kedua nilai normalized gainberada pada rentang 0,3-0,7 dan(3) media ge-roul dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA dengan kategori sedang dengan kedua nilai normalized gainberada pada rentang 0,3-0,7.Kata kunci: Hasil belajar fisika, media ge-roul, motivasi belajar fisika.ABSTRACTThis research aimed to (1) produced ge-roul media that can be used for physics learning in students of class X MIPA, (2) to knew the improvement of physics learning motivation in students of class X MIPA after given ge-roul media, and (3) to knew the increase of physics learning outcome in the students of class X MIPA after given ge-roul media.Product development method that used in this research is research and development (R D) 4-D model. The stages are define, design, development, and disseminate. Research subjects consisted of 8 students of class X MIPA 1 and 28 students X MIPA 5 in SMA N 1 Prambanan Klaten. The results of this research indicate that (1) Development result of media ge-roul can be used in physics learning material momentum and impulse for class X student of MIPA which based on data analysis of research result has ideal standard deviation value 3,6 with very good category and based on the QUEST analysis of ge-roul media have valid and reliable criteria, (2) ge-roul media can be used to improve the learning motivation of MIPA class X students with medium category with both normalized gain values are in the range of 0.3-0.7 and (3) ge-roul media can be used to improve the learning outcomes of MIPA class X students with moderate categories with both normalized gain values in the range 0.3-0.7.Key words: Result of physics study, ge-roul media, physics learning motivation.PENDAHULUAN

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...