Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Sosial di tinjau dari kemampuan awal siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Malang. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi exsperimen) dengan desain penelitian Non Equivalent Group Control. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan kelas VII-2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dengan jumlah soal 5 nomor. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: nilai pre-test dan post- test, rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 40,3 dibandingkan kelas kontrol dengan skor 18,8. Hasil analisis uji t dengan n menggunakan independent sample t-test diperoleh data signifikansi adalah 0.000< 0.05. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran Mind Map berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Map berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS di tinjau dari kemampuan awal siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Malang.
Copyrights © 2022