Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 2 No 2 (2021): Vol. 2 No. 2, November 2021

Pembelajaran Menulis Teks Drama Berorientasi pada Ketepatan Diksi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik MTs Karyabakti Tasikmalaya dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning

Putri, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama berorientasi pada ketepatan diksi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTS Karyabakti Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar soal, lembar observasi, dan angket. Instrumen tersebut dikategorikan valid dan reliabel setelah dianalisis berdasarkan hasil uji coba instrumen dengan uji statistik (uji validitas dan reliabilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretes dan postes, jumlah nilai kelas pretes dan postes, mengetahui nilai maksimum, nilai minimum, dan menguji hipotesis dengan uji wilcoxson. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif meningkat setelah menggunakan model project based learning. Nilai rata-rata pretes sebesar 61.83, dan rata-rata postes sebesar 84.50. Indeks gain kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh data test Statistics nilai dari Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 atau kurang dari 0,05. Maka dapat diambil simpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama berorientasi ketepatan diksi pada peserta didik yang menggunakan model project based learning dengan peserta didik yang menggunakan model direct instruction.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wistara

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, berisi artikel dan/atau laporan hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi), dan bahasan kepustakaan berkaitan dengan bidang bahasa, sastra, serta ...