Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis, kurang baiknya aktivitas menulis, dan lemahnya karakter siswa selama proses pembelajaran memproduksi teks deskripsi. penyebab munculnya masalah ini karena penilaian autentik belum digunakan selama proses pembelajaran memproduksi teks deskripsi. Penelitian ini, menggunakan metode campuran yang direlevansikan dengan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Katapang Kabupaten Bandung. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan nontes. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, disimpulkan bahwa model instrumen penilaian autentik terbukti efektif meningkatkan kemampuan memproduksi teks deskripsi, mengambangkan aktivitas belajar dan mengembangkan karakter siswa dalam pembelajaran memproduksi teks deskripsi. model yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa model instrumen penilaian proses dan penilaian hasil kerja siswa, yang didalamnya terintegrasi kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap berdasarkan Kurikulum 2013.
Copyrights © 2020