Artikel ini membahas tentang prosedur pembelajaran membaca pemahaman teks berita dengan menggunakan model discovery learning dengan komponen-komponennya. Serta membahas dampak dari membaca pemahaman terhadap peningkatan berpikir kritis siswa. Tempat penelitian ini di SMK Al Falah Dago Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitumixed methods. Dengan menggunakan model sequential exploratory. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket untuk menganalisis secara kualitatif. Teknik tes digunakan untuk menganalisis data secara kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: model pembelajaran discovery learning mempunyai manfaat yang besar dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas dan berpengaruh positif pada kualitas komunikasi antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa. Model discovery learning memudahkan guru mengelola proses pembelajaran, siswa cenderung aktif, saling berdiskusi, bertanya pada teman dan guru, berbagi kemampuan, saling memberi masukan, bekerjasama, dan saling berpikir kritis untuk menyelesaikan tugas-tugas siswa. Model discovery learning sangat baik dan sudah sangat sesuai dilakukan pada pembelajaran membaca pemahaman dengan materi teks berita. Komponen-komponen pembelajaran yang digunakan dapat menciptakan pembelajaran kondusif, aman, lancar, dan kooperatif. Keberhasilan model discovery learning dibuktikan dengan hasil postes yang diperoleh siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan membaca pemahaman berdampak terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMK AL Falah Dago Bandung.
Copyrights © 2020