Penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar mempunyai arti penting karena dapat membantu proses pembelajaran yang semakin efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi berorientasi majas dan kreativitas pada siswa kelas VII SMP N I Cileunyi dengan penerapan model Project Based Learning dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan tipe penyisipan (the embedded design). Desain yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan model desain kontrol prates dan pascates berpasangan (matching pretest-posttest control group desain). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa SMP N I Cileunyi kelas VII terdiri atas 2 kelas, masing-masing berjumlah 43 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan menulis teks deskripsi berorientasi majas pada siswa kelas eksperimen sebelum dan setelah perlakuan. Begitu pula terdapat perbedaan yang signifikan antara kreativitas berbahasa pada kelas eksperiemen dengan kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan pula bahwa model Project Based Learning memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi berorientasi majas dan kreativitas berbahasa pada siswa kelas VII SMP N I Cileunyi.
Copyrights © 2020