Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 3 No 2 (2022): Vol. 3. No. 2, November 2022

Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Memproduksi Teks Laporan Hasil Observasi sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kreativitas pada Peserta Didik Kelas X SMA Nasional Bandung

Putri, Indis (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan memproduksi teks laporan hasil observasi dikalangan peserta didik kelas X SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media video. Penelitian ini menggunakan Metode discovery learning dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknik analisis Penelitian ini menggunakan media video. Simpulan penemuan dari penelitian ini, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media video pada peserta didik kelas X SMA Nasional Bandung. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,8; (2) Siswa kelas X SMA Nasional Bandung mampu memproduksi teks laporan ha-sil observasi dengan menggunakan media video . Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 49,5 dan nilai rata-rata postest yaitu 79,6. Jadi, ada peningkatan sebesar 30,1 atau setara dengan 13,7%; (3) Media video tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Nasional Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil > yakni 19,15 > 2,06. Pada taraf signifikansi 5% tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 24. Berdasarkan fakta tersebut, penulis men

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wistara

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, berisi artikel dan/atau laporan hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi), dan bahasan kepustakaan berkaitan dengan bidang bahasa, sastra, serta ...