Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 5 No 1 (2024): Vol. 5 No. 1, Mei 2024

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meringkas Teks Eksplanasi Siswa SMP

Rahayu, Yanti Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Penerapan Pembelajaran Koorperatif Model Student Teams Achievment Division Untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis Dalam MeringkasTeks Eksplanasi Siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan teks eksplanasi melalui pembelajaran kooperatif model student teams achievement division. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Lembang tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, pemberian tugas proyek kepada siswa dan dokumentasi foto. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar soal, lembar penilaian meringkas teks eksplanasi, lembar angket, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Kriteria atau indikator keberhasilan penelitian adalah apabila hasil belajar siswa yang memperoleh KKM 75 mencapai 85% dari jumlah siswa aktif telah mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model student teams achievement division dapat meningkatkan keterampilan meringkas teks eksplanasi siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Lembang. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa. Pada siklus ke I nilai rata-rata siswa adalah 74,88. Nilai rata-rata kelas ini belum mencapai KKM namun ada sekitar 41,18% siswa yang sudah mampu mencapai KKM. Pada siklus ke II nilai rata-rata siswa meningkat yaitu sebesar 85,97 dengan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 100%. Ini menunjukkan bahwa siswa sudah mampu meringkas teks eksplanasi dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model student teams achievemen division merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan meringkas teks eksplanasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wistara

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, berisi artikel dan/atau laporan hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi), dan bahasan kepustakaan berkaitan dengan bidang bahasa, sastra, serta ...