Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3, No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PEKAMAS) JULI

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN DAYA SAING PERUSAHAAN X

Muhammad Fidindri Putra (Universitas Indraprasta PGRI)
Habibi Santoso (Politeknik Negeri Media Kreatif)
Ridwan Usman (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

AbstrakPenerapan standar manajemen mutu ISO 9001-2015 pada perusahaan dapat menjadi antisipasi dari tidak standarnya produk yang dihasilkan yang menjadikan perusahaan sulit bersaing dengan perusahaan sejenis dan kurangnya kepercayaan konsumen terhadap produk yang di hasilkan. standar manajemen mutu ISO 9001-2015 adalah unsur memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas, produktifitas dan kesehatan tenaga kerja.  ISO 9001:2015 adalah keluarga dari sistem standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya (Putra, 2021). Pelatihan mengenai sistem manajemen mutu ISO 9001-2015 di PT X untuk menambah kemampuan bagi karyawan menciptakan sistem kerja terbaik dengan prinsip perbaikan berkesinambungan, meningkatkan image perusahaan, peningkatan sense of belonging, efisiensi dan mengurangi waste, dan meningkatkan tanggung jawab setiap karyawan di tempat kerja, dan menambah kemampuan dan pengetahuan bagi karyawan PT X dari yang sebelumnya hanya 33% yang memahami meningkat menjadi 100%, sehingga para karyawan mampu mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dengan baik di perusahaan. Kata Kunci: ISO; Manajemen Mutu; Industri; Standar; K3; Peningkatan; Perusahaan; Produk  AbstractThe application of ISO 9001-2015 quality management standards to companies can be an anticipation of non-standard products which is difficult for companies to compete with similar companies and a lack of consumer confidence in the produced products. ISO 9001-2015 quality management standard is elements that play an important role in improving the quality, productivity, and health of the workforce. ISO 9001:2015 is a family of quality management standard systems designed to assist organizations in ensuring that organizations can meet the needs of their customers and stakeholders. Training on the ISO 9001-2015 quality management system at PT X add insight for employees to create the best work system with the principle of continuous improvement, improving corporate image, increasing sense of belonging, efficiency and reducing waste, and increasing the responsibility of each employee at work, and adding skills and knowledge to PT X employees from previously only 33% who understood increased to 100%, so that employees are able to properly implement the ISO 9001: 2015 Quality Management System in the companyKeywords: ISO; Quality Management; Industry; Standard; K3; Enhancement; Company; Product

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Education Engineering Social Sciences

Description

PEKAMAS merupakan jurnal yang ditujukan untuk diseminasi hasil pengabdian kepada masyarakat dari para dosen dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal PEKAMAS diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Media Kreatif. PEKAMAS menerima ...