Penelitian ini dilakukan di SMP Al Washliyah 30 Medan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui pengenalan huruf hijaiyyah menggunakan metode baghdadiyah di kelas VIII-1 SMP Al Washliyah 30 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan tersebut merupakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang mengarah pada peningkatan kemampuan membaca Al-Quran melalui metode Baghdadiyah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, juga disertai dengan pembahasan. Subjek peneliti penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Al Washliyah 30 Medan yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik melalui metode Baghdadiyah di SMP Al Washliyah 30 Medan, pada kondisi awal (pra-siklus) sebesar 31,25%, meningkat pada siklus I menjadi 42,5%, pada siklus II kemampuan membaca peserta didik meningkat menjadi 66,25% dan pada siklus III meningkat menjadi 82,50%.
Copyrights © 2023