Tematik
Vol 2, No 1: July 2020

STRATEGI PEMASARAN BAGI UMKM DI KELURAHAN MANGUNHARJO KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG

tri endang yani (Universitas Semarang)



Article Info

Publish Date
12 May 2020

Abstract

Abstrak  Permasalahan bagi  pelaku  UMKM  yang  ada  di  kelurahan   Mangunharjo  Kecamatan Tembalang Kota Semarang adalah kegiatan pemasaran yang masih sederhana. Pengabdian masyarakat ini mengambil tema Strategi pemasaran bagi UMKM      di Kelurahan Mangunharjo.Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah memberikan pengetahuan tentang strategi pemasaran bagi UMKM. Target yang ingin dicapai adalah pelaku UMKM menjadi paham tentang strategi pemasaran hasil usaha dan memiliki kemauan untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga bisa meningkatkan penjualannya.Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat  adalah metode penyuluhan dan diskusi. Sasaran kegiatan ini adalah pelaku UMKM yang ada di wilayah kelurahan Mangunharjo. Sedangkan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat pada semester gasal2019-2020.Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan Pemahaman dan ketrampilan pelaku UMKM dalam pemasaran hasil usaha. Di samping itu pelaku UMKM mempunyai keinginan untuk menerapkan strategi pemasaran. Dengan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan penjualan hasil UMKM meningkat dan menambah pendapatan pelaku UMKM.  Kata Kunci: UMKM , strategi, pemasaran  Abstract  Masalah bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kecamatan Mangunharjo, Kabupaten Tembalang, Kota Semarang adalah bahwa kegiatan pemasaran masih sederhana. Layanan masyarakat ini mengambil tema strategi pemasaran untuk UMKM di Desa Mangunharjo. Layanan Masyarakat bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang strategi pemasaran untuk UMKM. Sasaran yang ingin dicapai adalah UKM untuk memahami strategi pemasaran hasil bisnis dan memiliki kemauan untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan penjualan.Metode melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat adalah metode konseling dan diskusi. Sasaran dari kegiatan ini adalah UKM di kabupaten Mangunharjo. Sedangkan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat pada semester ganjil 2019-2020.  Hasil yang diperoleh adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan UKM dalam memasarkan hasil bisnis. Selain itu, UKM memiliki keinginan untuk menerapkan strategi pemasaran. Dengan pengabdian kepada masyarakat, diharapkan penjualan UMKM akan meningkat dan meningkatkan pendapatan pengusaha UMKM. Kata kunci: UMKM, strategi, pemasaran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tematik

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

TEMATIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan ...