Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar
Vol. 1 No. 1 (2022): JTPD

Peningkatan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 136/I Semangkat Melalui Buku Cerita Bergambar

M Ali (Universitas Jambi)
Asrial Asrial (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas II SDN 136/I Semangkat melalui buku cerita bergambar. Penelitian ini dilatar bekangi oleh rendahnya kemampuan membaca peserta didik kelas II SDN 136/I Semangkat. Hal tersebut dilihat dari hasil observasi awal peserta didik kelas II yang berjumlah 7 orang, hanya 1 orang peserta didik dikatagorikan sangat baik. Sehingga dibutuhkan cara untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca peserta didik kelas II Sekolah Dasar, dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I pertemuan I hasil observasi yaitu 64%, pada siklus I pertemuan II terdapat peningkatan sehingga mendapatkan hasil observasi yaitu 65,3%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I mendapat hasil observasi yaitu 75,9%, pada siklus II pertemuan II terdapat peningkatan sehingga mendapatkan hasil observasi yaitu 84%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan media buku cerita bergambar mampu meningkatkan kemampuan membaca peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtpd

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar publishes articles on research and theoretical studies in the field of basic education: Teaching and Learning Science, Social Sciences, Mathematics, Education for Citizenship, Indonesian Language, Cultural Arts and Crafts, Local Content in Primary Schools / Madrasas ...