Waspada : Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan
Vol 10, No 01 (2022): WASPADA

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi PMRI dan Inquiry Learning Materi Barisan Bilangan dan Deret

Mulyoto, Mulyoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh produk perangkat pembelajaran pada materi Barisan Bilangan dan Deret yang valid, praktis, dan efektif; (2) menghasilkan perangkat pembelajaran yang sesuai PMRI dan Inquiry Learning pada materi Barisan Bilangan dan Deret. Pengembangan dilakukan melalui model 4D: 1) tahap pendefinisian (define); 2) tahap perancangan (design); 3) tahap pengembangan (develop); dan 4) tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran adalah valid dan dapat digunakan; (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat baik; (3) aktivitas  dan sikap serta responss peserta didik dalam pembelajaran sangat baik; (4) hasil belajar mencapai ketuntasan individu > 60 dan klasikal > 65% (Uji coba 1 ketuntasan klasikal = 77.5%, dan  Uji coba 2 ketuntasan klasikal = 92.5%); (5) pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar uji coba 1, R Square = 70.4%, dan Pengaruh aktivitas dan sikap terhadap hasil belajar pada uji coba 2 R Square = 74.6%; (6) perbedaan hasil belajar kelas uji coba dengan kelas kontrol F = 9.844, uji Anova ketiga kelas berbeda secara signifikan. Mean hasil belajar kelas uji coba lebih baik dibanding kelas kontrol. Pengembangan perangkat pembelajaran valid, praktis dan efektif sesuai materi dan dalam pelaksanaannya menghasilkan pembelajaran yang bermakna dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: pengembangan, PMRI, inquiry learning, barisan bilangan dan deret

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

waspada

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

WASPADA - Jurnal Wawasan Perkembangan Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Pengembangan Pendidikan Guru. Redaksi mengharapkan para peneliti, penulis dan pakar bidang Pendidikan dapat turut menyumbang naskah kemajuan dunia pendidikan dan jurnal ...