Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh produk perangkat pembelajaran pada materi Barisan Bilangan dan Deret yang valid, praktis, dan efektif; (2) menghasilkan perangkat pembelajaran yang sesuai PMRI dan Inquiry Learning pada materi Barisan Bilangan dan Deret. Pengembangan dilakukan melalui model 4D: 1) tahap pendefinisian (define); 2) tahap perancangan (design); 3) tahap pengembangan (develop); dan 4) tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran adalah valid dan dapat digunakan; (2) kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat baik; (3) aktivitas dan sikap serta responss peserta didik dalam pembelajaran sangat baik; (4) hasil belajar mencapai ketuntasan individu > 60 dan klasikal > 65% (Uji coba 1 ketuntasan klasikal = 77.5%, dan Uji coba 2 ketuntasan klasikal = 92.5%); (5) pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar uji coba 1, R Square = 70.4%, dan Pengaruh aktivitas dan sikap terhadap hasil belajar pada uji coba 2 R Square = 74.6%; (6) perbedaan hasil belajar kelas uji coba dengan kelas kontrol F = 9.844, uji Anova ketiga kelas berbeda secara signifikan. Mean hasil belajar kelas uji coba lebih baik dibanding kelas kontrol. Pengembangan perangkat pembelajaran valid, praktis dan efektif sesuai materi dan dalam pelaksanaannya menghasilkan pembelajaran yang bermakna dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: pengembangan, PMRI, inquiry learning, barisan bilangan dan deret
Copyrights © 2022