Berdasarkan hasil observasi terhadap keterampilan berbicara pada mata kuliah Keterampilan Berbahasa SD mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNDARIS Ungaran bahwa persentase mahasiswa pada keterampilan berbicara dalam aspek berwawancara, berbicara dalam diskusi di depan kelas, serta kemampuan memandu acara masih rendah yaitu 68,13. Hal itu disebabkan karena beberapa hal, antara lain: mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide, pikiran, dan gagasannya, mahasiswa kurang mampu menceritakan kembali isi suatu bacaan yang telah  dipelajarinya, kemampuan mahasiswa dalam mata kuliah Keterampilan Berbahasa SD relatif rendah, mahasiswa kurang semangat dalam mengikuti proses belajar, lingkungan dan tempat belajar siswa kurang kondusif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara pada Mata Kuliah Keterampilan erbahasa SD dengan Metode Role Playing pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNDARIS Ungaran.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas menurut Kemmis & Mc Taggart (dalam Arikunto, 2015: 42) terdiri dari empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di UNDARIS Ungaran. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa PGSD FKIP UNDARIS semester V yaitu berjumlah 35 mahassiwa, yang terdiri 21 mahasiswi dan 14 mahasiswa. Penelitian dilakukan pada semester II tahun akademik 2019/ 2020 pada bulan Februari tahun 2020. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dosen dan mahasiswa, serta lembar tes kinerja.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNDARIS. Sebelum dilaksanakan tindakan, nilai rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 59,2. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas 77 dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,5
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020