Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Sebagian besar guru mengalami kesulitan menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 karena pada tahun pelajaran sebelumnya masih menerapkan pembelajaran dengan Kurikulum 2006. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan Supervisi Akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Penelitian dilaksanakan di Dabin 1 Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Sumowono, dengan populasi guru kelas VI yang berjumlah 13 orang. Dipilih 6 orang guru sebagai sampel, dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kepengawasan (PTKp) dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi dan catatan lapangan. Amalsis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, perolehan nilai kompetensi pedagogik guru pada siklus I adalah sebesar 73,3. Nilai ini meningkat dari hasil nilai pra penelitian yang hanya sebesar 62,5. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai kompetensi pedagogik guru sebesar 80,7. Dapat diketahui bahwa nilai kompetensi pedagogik guru selalu mengalami peningkatan setelah dilaksanakan Supervisi Akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Supervisi Akademik efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020