Waspada : Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan
Vol 6, No 2 (2019): WASPADA

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS QUIPPER SCHOOL GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Wijanayu, Adiratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis Quipper School guna meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sumowono, mulai dari kelas VIII A sampai F. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu populasi, independent t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 28,13% dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 15,62%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen pada kriteria sedang, sedangkan kelas kontrol pada kriteria rendah. Simpulan dari penelitian ini ialah bahwa pembelajaran berbasis Quipper School efektif guna meningkatlan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 1 Sumowono. Pembelajaran berbasis Quipper School diharapkan dapat menjadi referensi untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

waspada

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

WASPADA - Jurnal Wawasan Perkembangan Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Pengembangan Pendidikan Guru. Redaksi mengharapkan para peneliti, penulis dan pakar bidang Pendidikan dapat turut menyumbang naskah kemajuan dunia pendidikan dan jurnal ...