Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis Quipper School guna meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sumowono, mulai dari kelas VIII A sampai F. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu populasi, independent t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 28,13% dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 15,62%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen pada kriteria sedang, sedangkan kelas kontrol pada kriteria rendah. Simpulan dari penelitian ini ialah bahwa pembelajaran berbasis Quipper School efektif guna meningkatlan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 1 Sumowono. Pembelajaran berbasis Quipper School diharapkan dapat menjadi referensi untuk diterapkan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2019