Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan (JURRIPEN)
Vol. 1 No. 1 (2022): April : Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan

HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL QUOTIENT DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 NGANJUK

Dain Wahid (Unknown)
Imam Rosidi (Unknown)
Alfin Yuli Dianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat emotional quotient siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Nganjuk, (2) untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kenakalan remaja pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Nganjuk, (3) untuk mengetahui adakah hubungan antara emotional quotient dengan kenakalan remaja siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi. Penelitian korelasi adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dalam hal ini menunjukkan bahwa emotional quotient mempengaruhi pembentukan kenakalan remaja. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) hasil analisis aspek emotional quotient dalam kategori tinggi yaitu 19 responden sebanyak 47%. (2) hasil analisis aspek kenakalan remaja dalam kategori rendah yaitu 20 responden sebanyak 50%. (3) hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan negatif antara emotional quotient dengan kenakalan remaja dengan nilai koefisien korelasi -325 dan p=0,000 < 0,05. Artinya semakin tinggi emotional quotient maka semakin rendah kenakalan remaja

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JURRIPEN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat riset dan Inovasi Nasional, Universitas Sains dan Teknologi Komputer. Jurnal ini adalah jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian ...