Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan (JURRIPEN)
Vol. 1 No. 1 (2022): April : Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan

KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA PADA CERPEN NASIHAT-NASIHAT KARYA A.A NAVIS

Davina Pebrimireni (Unknown)
Dinda Ayu Lestari (Unknown)
Syahda Deviana Salsabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) aspek struktural Cerpen Nasihat-Nasihat karya A.A Navis(2) aspek psikologis Cerpen Nasihat-Nasihat (3) Psikologi Pengarang (4) Psikologi Pembaca. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Nasihat-Nasihat karya A.A Navis diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 1986. Data penelitian ini berupa kalimat yang mengandung unsur struktural dan psikologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumen, teknik simak dan teknik catat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis isi sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) aspek struktural pada Cerpen melipui; (a) penokohan, (b) Alur dalam cerita mengunakan alur maju, (c) latar pada cerpen ini meliputi, latar tempat (kamar, ruang tamu, bis, minangkabau, kantor, padang) , latar waktu pada malam hari dan pagi hari (2) Aspek psikologi struktur kepribadian tokoh dalam cerpen nasihat-nasihat karya A.A Navis memiliki tiga unsur, yaitu id, ego, dan superego. Ketiga struktur kepribadian tersebut memengaruhi tingkah laku, pola pikir, dan kejiwaan para tokoh utama dalam cerpen nasihat-nasihat. Dari analisis psikologi di atas, diketahui bahwa para tokoh memiliki ego yang kuat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JURRIPEN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat riset dan Inovasi Nasional, Universitas Sains dan Teknologi Komputer. Jurnal ini adalah jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian ...