The purpose of this study was to determine the effect of advertising (X1), sales promotion (X2), public relations (X3) and personal selling (X4) on consumer decisions (Y) in purchasing a Simpati starter pack card. The population in this study were students of the University of Bina Darma Palembang in the first semester of the Management Department. The sample in this study amounted to 65 people. The results obtained by the multiple linear regression equation Y= 0,669+0,338X1+0,123X2+0,199X3+0,197X4. From the results of the t-test (partial) shows that advertising (0.942>0.05) and public relations (0.153> 0.05) shows that partially there is no significant effect on consumer decisions (Y) in purchasing Simpati cards, while sales promotion (0.024<0.05) and individual sales (0.009<0.05) partially significant effect on consumer decisions (Y) in purchasing a Simpati starter pack card. The f-test (simultaneous) shows that there is a simultaneous significant effect of advertising, sales promotion, public relations and personal selling on consumer decisions in purchasing a Simpati starter pack card (0.000>0.05). Keywords: Advertising, Sales Promotion, Public Relations, Personal Selling, Consumer Decisions Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh periklanan (X1), promosi penjualan (X2), hubungan masyarakat (X3) dan penjualan perorangan (X4) terhadap keputusan konsumen (Y) dalam pembelian kartu perdana Simpati. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas Bina Darma Palembang semester 1 Jurusan Manajemen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 orang. Hasil Penelitian di peroleh persamaan regresi linier berganda Y= 0,669+0,338X1+0,123X2+0,199X3+0,197X4. Dari Hasil uji-t (parsial) menunjukkan bahwa periklanan (0,942>0,05) dan hubungan masyarakat (0,153>0,05) menunjukkan secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen (Y) dalam pembelian kartu perdana Simpati, sedangkan promosi penjualan (0,024<0,05) dan penjualan perorangan (0,009<0,05) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan konsumen (Y) dalam pembelian kartu perdana Simpati. Untuk uji-f (Simultan) menunjukkan bahwa terdapat perngaruh signifikan secara simultan periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan penjualan perorangan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian kartu perdana Simpati (0,000>0,05). Kata kunci : Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Penjualan Perorangan, Keputusan Konsumen
Copyrights © 2022