Penelitian ini dilakuan karena adanya penurunan prestasi belajar Al-Qur’an, kurangnya motivasi dalam membaca Al-Qur’an oleh sebab itu diperlukan adanya upaya guru mengaji dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada anak usia 5-16 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara jelas tentang; 1) Bagaimana motivasi belajar membaca Al-Qur’an pada anak usia 5-16 tahun di Desa jelutung kecamatan pemangkat Kabupaen Sambas. 2) Upaya guru mengaji dalam meningkatkan motivasi membaca al-Qur’an pada anak usia 5-16 Tahun di Desa jelutung Kecamatan Pemangkat kabupaten sambas. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkn motivasi belajar membaca al-Qur’an pada anak usia 5-16 tahun di Desa Jelutung Kecamatan pemangkat kabupaten sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi,dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menympulkan bahwa: 1. Motivasi belajar membaca al-Qur’an yaitu memberikan nasihat atau renungan. Saat mengajar hrus menampakkan wajah yang ceria. Mempunyai wawasan dan pengetahuan mengenai bidang al-Qur’an seperti menguasai makhrijul huruf, hukum bacaan tajwid, tanda baca dan juga bisa membaca al-Qur’an dengan indah. 2. Upaya guru mengaji yaitu dengan menumbuhkan minat anak-anak, memberikan hadiah. 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi guru mengaji yaitu hubungan yang baik antara guru mengaji dengan orang tua anak. Kurangnya kedisiplinan, manajemen waktu, faktor urangnya daya ingat anak atau konsentrasi.
Copyrights © 2023