Lunggi Journal
Vol. 1 No. 2 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 08 TELUK KERAMAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Dede Wahyuni (INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS)
Suriyadi Suriyadi (INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS)
Asyruni Multahada (INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa pasca pembelajaran daring khususnya di SMP Negeri 08 Teluk Keramat yang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan proses pembelajaran daring selama covid-19. pada era new normal kabupaten sambas sudah memasuki zona kuning dan telah memulai kembali aktivitas pembelajaran tatap muka dengan sistem menerapkan protokol Kesehatan. Penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif dan teknik pengumpulan data dari penilitian ini adalah wawancra, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan:1.Minat belajar siswa baik, yaitu dengan menunjukan indikator minat belajar perasaan senang, keterlibatan siswa, ketartarikan siswa, dan perhatian siswa; 2.kendala yang di hadapi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pasca pembelajaran daring adalah waktu belajar yang sedikit, intelegensi yang rendah, motivasi yang rendah, faktor keluarga dan masyarakat.; 3. Usaha yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pasca pembelajaran daring adalah dengan memberikan pujian, melakukan pendekatan kepada siswa, melakukan mimik/ gerak badan, memberikan metode pembelajaran yang bervariasi, melakukan kegiatan yang dapat menyenangkan hati siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...