Lunggi Journal
Vol. 1 No. 3 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS IV DI MIS TARBIYAH TEBAS TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Suryati Suryati (INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS)
Dewi Ferawati (INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS)
Mauizatul Hasanah (INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1.)Mendeskripsikan kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022. 2.)Mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022. 3.)Mendeskripsikan strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan verifikasi pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022, yaitu: kemampuan membaca siswa kelas IV mengalami peningkatan. 2) Faktor-faktor Kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022 disebabkan karna tidak bias fokus dalam belajar membaca dan belum bisa mengenal huruf dengan baik sehingga susah untuk dapat menggabungkan huruf-huruf menjadi kata yang membuat siswa lambat dalam menerima pelajaran. 3) Langkah-langkah guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas IV MIS Tarbiyah Tebas Tahun Pelajaran 2021-2022, sudah sesuai dengan perencanan yaitu: dengan cara mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP yang mana di dalamnya ada kegiatan pembelajaran yang interaktif, aktif dan menyenangkan siswa dalam belajar serta melaukan evaluasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...