Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) Persiapan guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran Al-qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021-2022; 2) Langkah-langkah guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 202-2022; 3) Faktor pendukung dan penghambat guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Persiapan guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsetrasi belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021-2022 terdiri dari beberapa persiapan yaitu: Yang pertama menyiapkan media pembelajaran. Yang kedua mengatur tempat duduk siswa. Yang ketiga menyiapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi. 2. Langkah-langkah guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021-2022 yaitu: Yang pertama melaksanakan perencanaan pembelajarana (menyiapkan silabus dan RPP). Yang kedua melaksanakan pembelajaran. Yang ketiga melaksanakan evaluasi pembelajaran. 3. Faktor pendukung dan penghambat guru mengelola kelas untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semantir tahun pelajaran 2021-2022 yaitu: Faktor pendukung: Persiapan guru yang matang sebelum melaksanakan pembelajaran, komunikasi yang baik antara guru dengan siswa. Faktor penghambat: sarana dan prasarana yang kurang memadai
Copyrights © 2023