Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau tahun pelajaran 2022-22023; 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau tahun pelajaran 2022-2023; dan 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau yakni dengan cara sebagau berikut: Menyiapkan perangkat pembelajaran, Menyiapkan bahan ajar, Menyiapkan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode ceramah bervariasi untuk memotivasi belajar siswa di SD Negeri 14 Sebangkau yaitu memberikan evaluasi formatif dan sumatif
Copyrights © 2023