(Indonesian of Interdisciplinary Journal)
Vol. 3 No. 1 (2022): September 2022

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATTITUDE TREATMENT INTERACTION(ATI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIRTAYASA

Sundanah Sundanah (Universitas Primagraha)
Martin Martin (Universitas Primagraha)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) untuk membandingkan hasil belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tirtayasa tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol pada siswa kelas X. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian ini berupa tes essay yang terdiri dari 5 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rata – rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih tinggi daripada rata – rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

desanta

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

DESANTA (Indonesian Interdisciplinary of Journal) adalah Jurnal berkala Ilmiah yang diterbitkan oleh Desanta Publisher. Desanta diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu setiap bulan September dan Maret. Desanta terbit berdasarkan SK no. 0005.27453537/JI.3.1/SK.ISSN/2020.09 - 15 September 2020 ...