Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2022): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar

DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS IV SDN 27 KENDARI

Nur Fadillah (Unknown)
La Ili (Unknown)
Kansil, Yoo Eka Yana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD Negeri 27 Kendari terhadap penyelesaian soal pemecahan masalah dalam pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes sebagai instrumen penelitian, dengan subjek penelitian masing-masing 1 siswa untuk kategori rendah, sedang dan tinggi. Dari hasil penelitian diperoleh (1) Siswa kategori tinggi mampu memahami permasalahan dengan baik, mampu menyusun rencana dan melaksanakannya menggunakan prosedur penyelesaian secara tepat, selanjutnya melakukan evaluasi hingga pemeriksaan kembali jawaban sebelum menyimpulkan. (2) Siswa dengan kategori sedang tidak menuliskan informasi yang diketahui dan hal apa saja yang ditanyakan saat menjawab soal, tetapi memiliki kemampuan menyusun dan melaksanakan rencana penyelesaian berdasarkan prosedur penyelesaian secara tepat. (3) Siswa dengan kategori rendah tidak memiliki kemampuan memahami soal, tidak memiliki kemampuan merencanakan dan melakukan penyelesaian, serta tidak memiliki kemampuan mengevaluasi dan menginterpretasi jawaban yang didapatkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar merupakan sistem jurnal terbuka yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo sejak tahun 2017. Journal of Basication (JOB): Jurnal ...