Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD Negeri 27 Kendari terhadap penyelesaian soal pemecahan masalah dalam pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes sebagai instrumen penelitian, dengan subjek penelitian masing-masing 1 siswa untuk kategori rendah, sedang dan tinggi. Dari hasil penelitian diperoleh (1) Siswa kategori tinggi mampu memahami permasalahan dengan baik, mampu menyusun rencana dan melaksanakannya menggunakan prosedur penyelesaian secara tepat, selanjutnya melakukan evaluasi hingga pemeriksaan kembali jawaban sebelum menyimpulkan. (2) Siswa dengan kategori sedang tidak menuliskan informasi yang diketahui dan hal apa saja yang ditanyakan saat menjawab soal, tetapi memiliki kemampuan menyusun dan melaksanakan rencana penyelesaian berdasarkan prosedur penyelesaian secara tepat. (3) Siswa dengan kategori rendah tidak memiliki kemampuan memahami soal, tidak memiliki kemampuan merencanakan dan melakukan penyelesaian, serta tidak memiliki kemampuan mengevaluasi dan menginterpretasi jawaban yang didapatkan.
Copyrights © 2022