Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2022): Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 66 KENDARI

Mila (Unknown)
Amiruddin B. (Unknown)
Hamid, Rimba (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 66 Kendari melalui penggunaan paradigma pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi dengan media flashcard. Penelitian semacam ini dilakukan selama tiga siklus dan dikenal sebagai penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas V SD Negeri 66 Kendari yang mengikuti pembelajaran pada semester genap 2021-2022. Metode observasi dan penilaian kemampuan berpikir kritis digunakan dalam pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Persentase kemampuan berpikir kritis meningkat dari siklus I ke siklus III, dari 58,88% dalam kategori rendah pada siklus I menjadi 76,10% dalam kategori sedang pada siklus II, dan dari 82,22% dalam kategori tinggi pada siklus III. Hasilnya, penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 66 Kendari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar merupakan sistem jurnal terbuka yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit. Diterbitkan oleh Jurusan PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo sejak tahun 2017. Journal of Basication (JOB): Jurnal ...