penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar matematika kelas IV di SD Negeri 5 Pasikolaga. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 17orang siswa di kelas IV SD Negeri 5 Pasikolaga. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes melalui penugasan tertulis berupa tes, observasi, analisis dokumen, dan wawancara subyek penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kesulitan siswa dalam belajar matematika yaitu terdiri dari tiga komponen dengan persentase yaitu: (1) kesulitan memahami konsep 53% yang tergolong tinggi, (2) kesulitan dalam operasi/skill 45% yang tergolong tinggi, dan (3) kesulitan pemecahan masalah 51% yang tergolong tinggi.
Copyrights © 2023