JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Hubungan Antara Usia Remaja dan Kreativitas Seni Remaja dengan Minat Berwirausaha Melalui Pembuatan Decoupage pada Remaja Karang Taruna

Hapsari, Fadjriah (Unknown)
Wahyuni, Siti (Unknown)
Zeinora, Zeinora (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Minat berwirausaha merupakan sebuah rasa ketertarikan terhadap kegiatan berwirausaha yang menciptakan suatu usaha yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Remaja merupakan sebuah kondisi rentan waktu yang menunjukan perkembangan manusia baik secara psikologis maupun fisik. Sedangkan kreativitas seni remaja merupakan sebuah gagasan atau ide yang dituangkan dalam bentuk kegiatan fisik maupun psikis dalam mencipta atau menghasilkan sesuatu pada masa remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara usia remaja dan kreativitas seni remaja secara bersama-sama dengan minat berwirausaha pada remaja Karang Taruna Rt 01/Rw 03 Gg. Babah. Subjek penelitian para remaja karang taruna dengan teknik pengumpulan data melalui angket pertanyaan yang sudah disusun secara sistematis. Instrumen penelitian dalam penelitian kuantitatif adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dan korelasi berganda. Hasil analisis data yang sudah dilakukan menunjukan hasil terdapat hubungan positif dan kuat antara usia remaja dan kreativitas seni remaja dengan minat berwirausaha yang dinyatakan dalam bentuk persamaan Regresi berganda ? = (-0.728) + 0,110X1 + 0,921X2. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia mampu menciptakan enterpreneur muda yang produktif jika, para remaja mendapatkan perhatian dan penanganan yang baik dan konsisten dalam memanfaatkan usia dan kreativitas seni remajanya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...