Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan peserta didik dalam proses belajar-mengajarmelalui penilaian yang berdasarkan aspek penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Peneilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal berikut: (1) untuk mendiskripsikan perencanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) untuk mendiskripsikan pengolahan penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian diskriptif kualitatif (field research) yaitu dengan melihat atau kondisi yang ada dilapangan. Hasil penelitian pada peserta didik dengan penilaian autentik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan dari aspek sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Maka peneliti menarik kesimpulan bahwa guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan penilaian autentik sudah baik dan sudah cukup maksimal sesuai dengan Rencana Pembelajaran pendidikan (RPP).
Copyrights © 2022