JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Attention Relevance Confidence and Satisfaction (ARCS) terhadap Hasil Belajar Tematik di Kelas V Sekolah Dasar

Wau, Maria Patrisia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar tematik antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Attention Relevance Confidence and Satisfaction (ARCS) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Rancangan penelitian “Non Equivalent Control Group Pre test–Post test Design”. Populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Segugus IX Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Sampling. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V SDI Rutosoro sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN Watuwula sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan program SPSS 16.00 from windows diperoleh nilai t-test = thitung= 2,517 > ttabel= 2,069 (dengan db n1+n2-2 (15 + 10 -2= 23, taraf sig. 5%), dan nilai signifikansi = 0,019 < 0,05 maka keputusan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan rata-rata hasil belajar tematik kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (0,79> 0,62) dan perbedaan rata-rata nilai 0.168. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar tematik siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Attention Relevance Confidence and Satisfaction (ARCS) dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...