SMAN 1 Palu merupakan salah satu sekolah di Kota Palu yang memiliki fasilitas yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi, masih ditemukan beberapa pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang menggunakan pembelajaran berpusat pada guru. Beberapa pelaksanaan pembelajaran juga terlihat belum motivatif, inovatif, inspiratif, dan belum mentransparansikan konten pembelajaran dalam kehidupan secara global. Hasilnya adalah, masih ditemukan beberapa siswa yang masih kurang memiliki kemampuan 4C (Creativity, Creative Thinning. Collaboration, and Communication). Oleh karena itu tim pengabdi melakukan kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan pembelajaran berpola lesson study menggunakan metode STEM kepada guru MIPA. Tujuan kegiatan PkM adalah untuk mengimplementasikan pembelajaran MIPA berpola lesson study menggunakan metode STEM di SMAN 1 Palu dan mengukur ketercapaian aspek kemampuan kolaborasi siswa sebagai evaluasi kegiatan PkM. Hasil pendampingan menunjukkan secara umum guru MIPA di SMAN 1 Palu telah mampu mengimplementasikan pembelajaran berpola lesson study menggunakan metode STEM. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan kolaborasi siswa yang mencapai nilai > 85 dengan kategori sangat baik.
Copyrights © 2023