Tujuan dari penelitian ini yakni peran guru dalam menumbuhkan kemandirian anak melalui pengajaran yang sering kali dilakukan oleh guru terhadap peserta didik pada masa pandemic dalam pembelajaran daring. dalam upaya membimbing kemampuan jasmani/fisik dan emosionalnya kearah kedewasaan, Kemandirian dalam bersosial dapat membantu anak untuk lebih mudah bergaul dan tidak mengandalkan orang tua. Maka penelitian ini menjelaskan tentang peran guru melatih kemandirian anak usia dini melalui pembelajaran daring. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) sebuah penelitian dengan prosedur penelitian yang menggali data dari lapangan untuk kemudian dicermati dan disimpulkan, penggunaan sumber data kualitatif dari sumber primer dan sumber sekunder, metode pengumpulan data yang dipergunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data penyajian data dan conclusing drawing/verification. Hasil penelitiannya yaitu Peran guru dalam memberikan motivasi kepada anak sangat penting untuk memunculkan inisiatif untuk mampu mengetahui kegiatan yang baik dan tidak baik untuk dilakukan sehingga anak tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya dalam mendorong pertumbuhan dan kemandirian untuk melakukan semua tindakan tanpa merasa takut dihantui oleh orang-orang disekitarnya, membantu membuat pilihan yang tepat dan melindungi anak tersebut dari situsi berbahaya secara fisik maupun emosionalnya anak akan mengetahui perilaku apa yang sudah dilakukan dengan benar dan baik. Faktor-faktor yang mendukung adanya sarana dan sumber belajar yang lengkap, Profesionalisme dan semangat guru dalam membimbing, mengarahkan, membina dan mengontrol anak didik. Adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pembentukan kemandiriran sosial anak yang masih malu untuk melakukan sesuatu kurangnya kesadaran guru dan keteladanan faktor lingkungan peranan orang tua anak didik terbatasnya pengawasan pihak kurangnya sarana dan prasarana pengaruh tayangan televisi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022