Program preseptorship merupakan salah satu strategi untuk mendapatkan lulusan perawat yang professional. Preceptor membutuhkan pelatihan meningkatkan kompetensi peran mereka sebagai Role model dalam praktik keperawatan, sebagai pendidik di tatanan klinis dan sebagai evaluator dalam proses Pendidikan klinis. Peningkatan pengetahuan preceptor mampu meningkatkan peran seorang preceptor dalam mengoptimalkan peran preceptor sebagai role model pembelajaran klinis. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan peran preceptor sebagai role model pembelajaran klinis pada mahasiswa di rumah sakit. Metode yang digunakan yaitu Ceramah, diskusi dan role play. Hasil dari kegiatan pengabdian yang dilakukan menunjukan ada perbedaan signifikat pengetahuan peserta sebelum dilakukan pelatihan preseptorship dan sesudah dilakukan pelatihan preseptorship dengan nilai rata-rata sebelum dilakukan pelatihan 59,7 dan setelah dilakukan pelatihan 86,6. Dari hasil pelatihan juga tersusun kasus sesuai dengan peminatan dan capaian pembelajaran mahasiswa serta tersusun jadwal bimbingan preseptorship. Simpulan pelatihan mampu meningkatkan kompetensi dan peran preceptor dalam melakukan bimbingan klinis.
Copyrights © 2023