Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan
Vol 1 No 2 (2019): Oktober 2019

Menggagas Jurnalisme Profetik dalam Infotainment (Studi pada Program Entertainment News Net)

Imo’atus Syaripah (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Thalitha Sacharissa Rosyiidiani (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2019

Abstract

Infotainment merupakan produk jurnalistik yang bersifat soft journalism. Karakteristik dari soft journalism adalah produk pemberitaan yang ditayangkan bertemakan dunia hiburan maka berita yang disajikan bersifat soft news. Di Indonesia, program infotainment banyak menghiasi layar kaca hampir di setiap stasiun televisi dengan intensitas penayangan 2-3 kali dalam satu hari. Seiring dengan frekuensi penayangan infotainment tersebut, ditemukan pelanggaran kode etik jurnalistik dalam menyampaikan berita. Berita yang disampaikan menjurus ke arah fitnah dan dramatisasi. Infotainmentmenjadi panggung sensasi para pekerja dunia hiburan yang miskin kemampuan. Di sisi lain, NET TV sebagai stasiun televisi baru menghdirkan salah satu program bertajuk infotainment dengan nama“Entertainment News” yang mengusung konsep “No Gosip” sebagai visi program. Penelitian inimenggunakan metedologi paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif menggunakan analisis data yang merupakan proses sistematis pencarian dan pengaturan transkip wawancara, catatan lapangan, dan materi-materi lain yang telah dikumpulkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi jurnalistik profetik Entertainment News NET dalam memproduksi informasi. Penelitian ini membahas tentang keselarasan visi program yang diusung oleh Entertainment News dengan produk jurnalistik yang dihasilkan. Dibingkai dalam kaidah konsep jurnalisme profetik, penelitian ini diharapkan mampu menjadi prototype produk soft journalism bagi program-programinfotainment lain yang terlanjur dikenal masyarakat sebagai pabrik produksi isu bombatis nan dramatis untuk dijual ke masyarakat dan pengiklan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implemetasi jurnalisme profetik dalam infotainment tidak bisa berjalan maksimal tanpa ada dukungan dari masyarakat danstakeholder. Kendati demikian, Entertainment News telah menghadirkan alternatif baru bagi masyarakat penikmat program infotainment dengan berita yang lebih sehat dan bermartabat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KOMASKAM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan (KOMASKAM) dimaksudkan sebagai media hasil penelitian, pemikiran dan kajian kritis mengenai berbagai isu tentang ilmu komunikasi yang dapat dimanfaatkan baik secara nasional maupun internasional. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical ...