PARTICIPATORY
Vol 2 No 1 (2023): PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pembinaan Tenaga Pendidik Dalam Perbaikan Dan Peningkatan Kualitas Pengelolaan Kelas

Khurul Aimmatul Ummah (Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Lamongan, Indonesia)
Muhammad Mamdukh (Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Lamongan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Pada tiap masa, ada era yang menyebabkan perubahan dalam hal apapun bergitu juga dengan pendidikan. Kurikulum pendidikan yang harus berubah setiap masa mengharuskan pendidik, pempimpin pendidikan, dan anak didik harus bekerja sama untuk mengimplementasikan keberhasilan seuatu kurikulum tersebut. Dalam kurikulum merdeka yang mengharuskan pendidik untuk mengelola kelas, membuat metode,strategi, dan penggunaan media yang lebih variatif belum sepenuhnya diimplementasikan di kawasan desa Bangeran. Ada beberapa kendala yang menyebabkan hal tersebut belum terpenuhi. Tujuan dari pengabdian PAR yang dilaksanakan oleh penulis adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di lembaga-lembaga desa Bangeran dan menunjang aktifitas kegiatan belajar mengajar di dalamnya. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode PAR (Participatory Action Research) yang merupakan metode pembauran dengan masyarakat setempat. Hasil pengabidan selama 1 bulan di desa Bangeran adalah program kerja terkait problem utama dalam pendidikan, serta pengimplementasian hasil workshop oleh guru-guru setempat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Participatory

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Participatory merupakan jurnal penelitian hasil pengabdian kepada masyarakat yang bersikan karya ilmiah hasil Riset berbasiskan pengabdian kepada masyarakat. Sebagaimana fungsinya, Jurnal Participatory dapat dijadikan sebagai forum dan media informasi untuk: 1) mengembangkan ilmu pengetahuan ...