Ringkang Jurnal Seni Tari dan Pendidikan Seni Tari
Vol 3, No 03 (2023): Desember, 2023

STRATEGI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK TARI SISWA TUNA RUNGU (Studi Ekperimen Pembelajaran Daring Di SLB B YPLB Majalengka)

sofiani, nofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2023

Abstract

Siswa tuna rungu dengan sisa pendengarannya belum mampu mempergunakan modalitas dalam menyimak  pembelajaran yang berhubungan dengan bunyi termasuk pembelajaran tari. Lemahnya kemampuan gerak tari siswa tuna rungu ketika menari dengan iringan menjadi suatu permasalahan yang harus diselesaikan saat pembelajaran Daring. Pembelajaran merespon bunyi dapat merangsang kepekaan pendengaran dengan mengunakan modalitas visual dan vibrasi/getaran yang dirasakan. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan gerak siswa tuna rungu dengan iringan musik melalui respon bunyi. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Pre-Eksperimental Design dan  desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design yang memperoleh hasil dengan menggunakan T-test dimana thitung ttabel. Populasi yang digunakan sebanyak 6 orang siswa tuna rungu kelas X dan pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta studi literature. Penelitian dilakukan sebanyak empat pertemuan dengan hasil hipotesis yang didapatkan nilai thitungttabel maka Ha dapat diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian merespon bunyi berperan penting untuk pembelajaran tari karena telah terjadi pengaruh merespon bunyi terhadap kemampuan gerak tari yang dapat meningkatkan kemampuan menari berdasarkan iringan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RINK_TARI_UPI

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Ringkang adalah jurnal seni tari dan pendidikan seni tari yang secara khusus dikelola oleh departemen pendidikan seni tari FPSD UPI. Jurnal ini diterbitkan 3 kali setahun (April, Agustus, Desember). Artikel yang diterbitkan adalah hasil penelitian mahasiswa, artikel non penelitian, dan hasil ...