Jurnal Guru Komputer
Vol 1, No 2 (2020): JGrKom: September 2020

Pembangunan Multimedia Pembelajaran Bagi Siswa Tunanetra Untuk Pengembangan Orientasi Mobilitas Dengan Pendekatan Model Field Trip

AZ Pranata (Universitas Pendidikan Indonesia)
Lala Septem Riza (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rizky Rachman Judie (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak ketunanetraan yang menyebabkan anak tunanetra mengalami keterbatasan  dalam interaksi dengan lingkungan, melakukan orientasi mobilitas, dan belajar pada bahan ajar yang bersifat visual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang, mengimplementasikan, dan menganalisis respon siswa tunanetra terhadap konsep multimedia pembelajaran yang digunakan untuk pengembangan orientasi mobilitas dengan mempertimbangkan aspek multimedia anak tunanetra, prinsip orientasi, komponen orientasi, model pembelajaran field trip, dan game. Pembangunan multimedia pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode waterfall. Eksperimen dilakukan dilakukan kepada 3 orang siswa SLB Negeri A Kota Bandung. Hasil dari eksperimen kemudian diolah dan dianalisis berdasarkan metode kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran, tanggapan siswa, dan peroleh nilai setelah menggunakan multimedia pembelajaran sangatlah baik. Multimedia pembelajaran yang dibangun dapat digunakan, diterima, dianggap menyenangkan, dan memberikan dampak positif untuk siswa tunanetra

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JGrKom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

The Computer Teacher Journal (JGrKom) (e-ISSN: 2774-7891) is an open-access and peer-reviewed journal, published by the Universitas Pendidikan Indonesia, which is a medium for disseminating research results from scientists and educational practitioners in various fields of pedagogy and technology ...