RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi
Vol. 2 No. 2 (2021)

Pengaruh E-Service Quality Dan Review Content Untuk Meningkatkan Penjualan Dan Peran Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderator Pada Produk Tas Native Indonesia

Mohammad Arifin (Unknown)
Nur Samsu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Produk tas Native Indonesia saat ini banyak menjadi sorotan publik. Penyebab yang timbul adalah jenis tas slingbag yang banyak diminati oleh pelanggan dari semua kalangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari e-service quality dan review content terhadap peningkatan penjualan produk tas Native indonesia. Selain itu, menambah aspek kepuasan pelanggan sebagai variabel moderasi dalam penelitian ini. Metode penelitian menggunakan uji statistik. Uji yang dilakukan dengan puncak multiple linear regression analysis dan moderate regression analysis. Sampel yang digunakan sejumlah 300 responden dengan inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kepuasan pelanggan sebagai moderasi dapat memperkuat aspek e-service quality dan review content dalam meningkatkan penjualan dengan jenis quasi moderator. Nilai meningkat dari e-service quality menjadi 3,273 dan review content menjadi 5,800 dengan prediksi determinasi sebesar 65,5%. Dengan kata lain, peran moderasi sangat penting dalam penelitian ini, serta kajian ini dapat menjadi parameter bagi penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

risk

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

RISK : Jurnal riset bisnis dan ekonomi adalah publikasi akademik yang fokus pada penelitian ilmiah di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan temuan penelitian terbaru, analisis, dan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek ekonomi dan bisnis. Jurnal ini mencakup berbagai ...