JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 1 No 2 (2023): JBIOEDRA : Jurnal Pendidikan Biologi Oktober 2023

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Problem Based Learning Materi Sistem Respirasi Pada Manusia SMA Negeri Mutis Eban

Veronika Lelan (SMA Negeri Mutis Eban)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas XI Sains2 SMAN Mutis Eban. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI sains2 SMAN Mutis Eban. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan 4) refleksi. Variabel penelitian ini adalah model PBL, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observa, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 76,8 meningkat pada siklus II menjadi 90,72. Sehingga diperoleh ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I 70 % dengan kriteria belum tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 100 % dengan kriteria tuntas. Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI sains Sman Mutis Eban.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBIOEDRA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandira pada tahun 2023. Jurnal ini diterbitkan sebagai sarana publikasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam ...