Jurnal Biologi
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Penerapan Model Project Based Learning dalam Menginisiasi Kegiatan Kolaboratif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi

Jannah, Saltsa Ridlotul (Unknown)
Firmansyah, Ridlo (Unknown)
Nurfitri, Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Pendidikan menjadi sebuah upaya dalam mengembangkan tiga aspek penting yang ada di dalam diri seseorang, yaitu pandangan hidup, sikap hidup, dan keterampilan hidup yang dapat dilaksanakan di lingkungan keluarga, sekolah maupun di luar sekolah. Pembelajaran paradigma baru berorientasi kepada peserta didik (student centered) dengan menerapkan kurikulum merdeka belajar dimana peserta didik memiliki kebebasan atau kemerdekaan dalam belajar. Pada implementasi kurikulum merdeka guru harus menerapkan model pembelajaran yang dapat mengajak peran aktif peserta didik serta mengasah keterampilan abad ke-21 salah satunya Kolaboratif. Model pembelajaran yang dapat menginisiasi kegiatan kolaboratif peserta didik adalah project based learning (PjBL) atau pembelajaran berbasis masalah. Kegiatan pembelajaran paradigma baru yang dilakukan telah banyak memanfaatkan teknologi namun tidak dapat merubah peran nyata seorang guru dalam proses pembelajaran baik dalam interaksi, ikatan emosional, serta penanaman karakter dan teladan seorang guru. Tiga peran penting yang harus dimiliki oleh guru dalam pendidikan berbasis digital global antara lain guru sebagai pembawa perubahan, guru sebagai pembaharu pengetahuan, serta guru sebagai konsultan. Sikap atau tipe guru yang akan mewarnai implementasi kurikulum paradigma baru tahun 2023 antara lain guru pengikut, guru pengembang, dan guru pencipta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biology

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology Social Sciences

Description

Jurnal Biologi ISSN 3026-7390 combines two crucial aspects of the biology world.Biology education and the practical application of biological science. The journal plays a vital role in supporting the integration of biological science with practical contexts across various fields. This journal aims ...