Penelitian ini bertujuan untuk menemukan arah pendidikan Islamsecara komprehensif, sehingga dimungkinkan pendidikan Islam tersebut dapatdigunakan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi olehsemua orang dari tingkat anak, remaja, pemuda maupun dewasa. Penelitian inimenggunakan metode kepustakaan dengan pendekatan analisis deskriptifyaitu pencarian berupa fakta, hasil dari ide pemikiran seseorang dengan caramencari, menganalisis, membuat interpretasi serta melakukan generalisasiterhadap hasil penelitian yang dilakukan dari sumber primer dan sekunder.Penelitian ini menemukan bahwa arah pendidikan Islam secarakomprehensif adalah pendidikan Islam yang berorentasi kepada pendidikanuntuk anak-anak, pemuda-pemuda dan orang dewasa supaya menjadi seorangmuslim sejati beriman teguh, beramal shaleh dan berakhlak mulia, sehinggamampu menjadi anggota masyarakat yang sanggup hidup di atas kaki sendiri,mengabdi kepada Allah dan berbakti kepada bangsa dan tanah air bahkansesam umat manusia.Mengkondisikan dalam kaitan tersebut, berarti upaya menumbuhkankesadaran yang memungkinkan seseorang mempunyai persepsi yang benardan mendalam tentang agama sebagai sumber nilai dalam kehidupannya danjuga sekaligus yang dapat menumbuhkan kekuatan kemauan (ghirah, willpower) dalam dirinya untuk mengaktualisasikan nilai-nilai ilahiyah dalamkehidupannya sehari-hari.
Copyrights © 2021