Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perdebatan yang terjadidalam komunitas akademik tentang psikologi anak-anak yang hidup dalamtekanan, mengungkap bentuk-bentuk psikologis yang dirasakan anak-anakmantan terpidana teroris di Indonesia, membuktikan peranan keluarga,masyarakat dan pengaruh media masa terhadap perkembangan psikologianak-anak dan cara pandang masyarakat dalam menyikapi keberadaan anakanak teroris.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif denganpendekatan perpustakaan dan kasus di lapangan. Pengumpulan data dilakukanmelalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Wawancara dilakukankepada istri, anak, keluarga, guru, dan teman-teman anak-anak mantanterpidana teroris.Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologi anak dipengaruhi olehberbagai aspek perkembangan psikologi anak, namun faktor bawaan yangditularkan oleh orang tua, dan lingkungan di mana anak bersosialisasi lebihdominan.
Copyrights © 2021