Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin danmotivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yangdigunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus dankepustakaan. Sumber data penelitian diperoleh dari guru dan siswa pada saatproses pembelajaran di kelas sebagai sumber primer dan dari beberapa guruyang lain sebagai sumber sekunder.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang erat antaradisiplin dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Belajarmerupakan cerminan dari mutu intelektual, kerajinan dan ketekunanseseorang dalam belajarnya. Salah satu realisasi hasil belajar ialah perolehannilai Rapor. Disiplin adalah setiap perseorangan dan juga kelompok yangmenjamin adanya kepatuhan terhadap perintah dan berinisiatif untukmelakukan suatu tindakan yang diperlukan apabila tidak ada perintah. Dalamkonteks disiplin belajar berupa kepatuhan peserta didik terhadap perintah gurudan orang tua di rumah dalam usaha mencapai kemampuan, kerajinan danketekunan yang dicerminkan melalui perolehan nilai. Adapun Motivasi adalahsuatu dorongan perubahan energy dalam diri (pribadi) seseorang yangditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Hasilbelajar berhubungan positif dengan disiplin belajar dan motivasi belajar.
Copyrights © 2021