SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 7, No 3 (2023): September

PENDAMPINGAN KERJA PRAKTIK KIT SCIENCE MATH APLIKATIF BAGI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 7 MANUKAYA

N.W.S Darmayanti (ITP Markandeya Bali)
I Wayan Suantara (ITP Markandeya Bali)
Ni Putu Eni Astuti (ITP Markandeya Bali)
Ni Komang Ayu Ulan Dari (ITP Markandeya Bali)
Ni Ketut Sri Partini (ITP Markandeya Bali)
Kadek Yuni Wulandari (ITP Markandeya Bali)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

ABSTRAKAdapun proses pembelajaran di sekolah mitra seperti pembelajaran IPA, alat-alat praktikum khusus IPA sangat terbatas. Di sekolah mitra terdapat KIT (Kotak InstrumenTerpadu) IPA sejumlah 1 buah sehingga guru jarang memberikan praktikum kepada siswa. Selain alatnya terbatas, guru juga tidak terlalu paham menggunakan KIT. Di samping itu, panduan praktikum KIT yang tersedia juga terbatas dan kurang lengkap kurang sesuai dengan apa yang diharapkan pada kurikulum merdeka, yaitu bermuatan karakter. Guru terkadang menggunakan panduan yang tersedia dikarenkan guru kurang paham dalam menyusun panduan praktikum IPA yang menarik dan bermuatan karakter. Begitu juga dengan mata pelajaran matematika, alat peraga seperti KIT Matematika belum tersedia di sekolah sehingga guru sulit menjelaskan beberapa materi Matematika yang seharusnya menggunakan alat peraga. Guru di sekolah mitra belum paham membuat suatu media untuk praktikum IPA dan Matematika yang menarik sehingga siswa sebagian besar diajarkan dengan metode ceramah. Mitra kegiatan pengabdian adalah guru-guru SD N 7 Manukaya yang terletak di Br. Belahan, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar yang berjumlah 10 orang. Metode pelaksanaan yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan pokok mitra dapat dikelompokkan menjadi 4 tahap yaitu 1) tahap pertama: persiapan sebelum pelaksanaan kegiatan, 2) tahap kedua: pendampingan dan pelatihan, 3) tahap ketiga: presentasi dan konsultasi produk hasil pendampingan, 4) tahap keempat: Implementasi. Komponen yang dievaluasi dalam kegiatan PKM Pendampingan Kerja Praktik KIT Science Math Aplikatif Bagi Guru SD dengan cara observasi dan pretest-posttest dari pelaksanakan kegiatan PKM. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Sekitar 85% dari guru-guru dapat menggunakan KIT Matematika dan IPA, dapat menyusun panduan khusus praktikum IPAyang bermuatan karakter dan dapat membuat media Matematika dan IPA dalam sebuah aplikasi. Kata kunci: pendampingan; KIT; IPA; matematika ABSTRACTAs for the learning process in partner schools, such as science learning, special science practicum tools are very limited. In partner schools there is 1 science KIT (Integrated Instrument Box) so teachers rarely give practicums to students. Apart from limited tools, teachers also don't really understand how to use KIT. In addition, the KIT practicum guide available is also limited and incomplete, not in accordance with what is expected in the independent curriculum, namely full of character. Teachers sometimes use the available guides because teachers do not understand in compiling interesting and character-laden science practicum guides. Likewise with mathematics subjects, teaching aids such as the Mathematics KIT are not yet available in schools so it is difficult for teachers to explain some mathematics material that should use teaching aids. Teachers at partner schools do not understand how to make media for interesting science and mathematics practicums, so most students are taught using the lecture method. The service activity partners are the teachers of SD N 7 Manukaya which is located at Br. Belahan, Manukaya Village, Tampaksiring District, Gianyar Regency, totaling 10 people. The implementation methods that will be used to address the main problems of partners can be grouped into 4 stages, namely 1) first stage: preparation prior to implementation of activities, 2) second stage: mentoring and training, 3) third stage: presentation and consultation of mentoring products, 4) stage fourth: Implementation. The components evaluated in the PKM Practical Work Assistance KIT Science Math Applicative for Elementary School Teachers by way of observation and pretest-posttest from implementing PKM activities. The results of the activity showed that about 85% of the teachers could use the Mathematics and Science KIT, could develop special guidelines for science practicums that contained characters and could make Mathematics and Science media in an application. Keywords: mentoring; mathematics; science;  KIT

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...