Penelitian ini berfokus pada ekonomi politik siaran lokal di RBTV Yogyakarta yang melakukan kerjasama berjejaring dengan Kompas TV. Dengan menggunakan teori ekonomi politik Vincent Mosco memusatkan penelitian ini pada aspek Komodifikasi dan spasialisasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat terjadinya kontestasi antara kepentingan pasar dengan kepatuhan terhadap hukum yang dilakukan oleh RBTV, serta melihat intervensi yang dilakukan Kompas TV terhadap RBTV implikasi dari berjejaring. Penelitian ini menggunkan pendekatan deskripif-kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan berjejaring yang dilakukan RBTV dengan Kompas TV terjadi komodifikasi dimana terbukanya peluang dominasi konten oleh Kompas TV, RBTV juga mengikuti pola program-program yang ada di Kompas TV. Sedangkan dalam spasialisasi terjadi integrasi horizontal, dimana selain menjalankan regulasi Kompas TV juga melakukan perluasan khalayaknya. Hal ini berkaitan dengan integrasi vertikal yang mana terjadi dominansi program siaran acara setiap harinya, sehingga adanya kontrol dari Kompas TV menjadikan RBTV mengikuti pola yang sama seperti Kompas TV dan luntur kelokalan yang menjadi idealisme RBTV pada awal pendiriannya.
Copyrights © 2020