Jurnal Audiens
Vol. 1 No. 1 (2020): March

Antara Kepentingan Pasar versus Kepatuhan terhadap Hukum (Analisis Ekonomi Politik Siaran Lokal di RBTV Yogyakarta)

Fanadya Eva Noviana (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini berfokus pada ekonomi politik siaran lokal di RBTV Yogyakarta yang melakukan kerjasama berjejaring dengan Kompas TV. Dengan menggunakan teori ekonomi politik Vincent Mosco memusatkan penelitian ini pada aspek Komodifikasi dan spasialisasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat terjadinya kontestasi antara kepentingan pasar dengan kepatuhan terhadap hukum yang dilakukan oleh RBTV, serta melihat intervensi yang dilakukan Kompas TV terhadap RBTV implikasi dari berjejaring. Penelitian ini menggunkan pendekatan deskripif-kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan berjejaring yang dilakukan RBTV dengan Kompas TV terjadi komodifikasi dimana terbukanya peluang dominasi konten oleh Kompas TV, RBTV juga mengikuti pola program-program yang ada di Kompas TV. Sedangkan dalam spasialisasi terjadi integrasi horizontal, dimana selain menjalankan regulasi Kompas TV juga melakukan perluasan khalayaknya. Hal ini berkaitan dengan integrasi vertikal yang mana terjadi dominansi program siaran acara setiap harinya, sehingga adanya kontrol dari Kompas TV menjadikan RBTV mengikuti pola yang sama seperti Kompas TV dan luntur kelokalan yang menjadi idealisme RBTV pada awal pendiriannya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...